Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh guru Fikih dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas X di MA NU 03 Sunan Katong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan validitas hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter Profil Pelajar Pancasila dipahami sebagai upaya menyeluruh dalam mengembangkan siswa yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Strategi guru Fikih dalam pembentukan karakter ini meliputi penerapan strategi pembiasaan, keteladanan, diskusi, refleksi diri, pemberian nasihat, dan strategi integrasi nilai karakter pelajar pancasila pada pelajaran fikih. Strategi disesuaikan dengan dimensi profil pelajar pancasila yang diharapkan. Materi fikih dikontektualisasikan sehingga tidak hanya berdimensi keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia namun bisa mengembangkan dimensi profil pelajar pancasila yang lain. Variasi strategi guru Fikih dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila berdampak pada penguatan profil pelajar pancasila dalam diri siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan metode pembelajaran Fikih yang relevan dengan pembentukan karakter.
Copyrights © 2025