Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Persepsi Masyarakat Tentang Keberadaan Lembaga Pendidikan Islam

Sofyan Efendi (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Budi Haryanto (Universitas Muhammadiyah sidoarjo)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi masyarakat terhadap keberadaan lembaga pendidikan Islam yang memiliki corak ideologi berbeda dengan mayoritas masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang mendalam, menggabungkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Subyek penelitian mencakup Pengurus LPI, pemuka agama, orang tua siswa, dan anggota masyarakat umum yang berinteraksi langsung atau memiliki kepentingan terhadap keberadaan lembaga tersebut. Teknik analisis data interaktif dari Miles dan Huberman digunakan untuk mengidentifikasi pola persepsi dan faktor yang mempengaruhi pandangan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dominan masyarakat terhadap LPI dengan ideologi berbeda cenderung positif, terutama ketika lembaga tersebut mampu menunjukkan kualitas pendidikan yang baik, konsistensi dalam nilai-nilai keagamaan, pengelolaan profesional, serta lingkungan yang aman dan beretika. Banyak orang tua merasa lembaga ini menjadi alternatif yang baik bagi pendidikan anak-anak mereka karena menekankan pada pendidikan karakter Islami. Namun, persepsi negatif muncul dalam masyarakat yang kurang terbuka terhadap perbedaan ideologi atau ketika LPI dinilai memiliki nilai yang kurang sejalan dengan budaya setempat. Kekhawatiran terkait stigma radikalisme, ketidaksesuaian nilai, serta kualitas fasilitas dan pengajar juga memperkuat pandangan kritis dari sebagian masyarakat. Oleh karena itu, LPI yang ingin memperkuat persepsi positif di masyarakat perlu menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat, berinteraksi secara inklusif, dan transparan mengenai nilai-nilai yang diusung. Temuan ini diharapkan dapat memberi pemahaman mendalam tentang dinamika sosial yang terjalin antara lembaga pendidikan Islam dengan masyarakat, serta memberikan kontribusi pada kajian keberagaman dan toleransi dalam pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...