Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Studi Literatur Review: Peran Media Game Based Learning terhadap Pembelajaran

Ni Luh Putu Andika (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ketut Agustini (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gde Wawan Sudatha (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2025

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan didalam kelas seringkali menggunakan metode yang monoton. Hal ini menjadi penyebab banyaknya siswa cepat merasa bosan, jenuh, sehingga materi pembelajaran yang disampaikan tidak dipahami dengan baik oleh siswa. Tulisan ini bertujuan untuk menelaah pemanfaatan penggunaan media Game Based Learning pada pembelajaran. Game Based Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan permainan (game) sebagai alat utama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media GBL dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, Karena GBL lebih fokus pada proses pembelajaran. Media GBL dirancang untuk melibatkan siswa secara penuh sehingga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, aktif dan interaktif sehingga materi yang dipaparkan lebih mudah dipahami. Metode yang digunakan adalah Literatur Review yang bersumber dari database Publish Or Perish dalam jangka 4 tahun terakhir (2020-2024). Jumlah data jurnal dengan kata kunci Media Game Based Learning dari scholar.com dibatasi sebanyak 100 artikel dan 15 artikel yang memenuhi kriteria inklusi untuk dilakukan analisis. Penggunaan media GBL dalam pembelajaran dapat meningkatkan semangat, motivasi, dan hasil belajar siswa. Media GBL memiliki keunggulan mengajak seluruh siswa berperan aktif, menarik perhatian, mempermudah siswa memahami materi karena proses pembelajaran yang menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...