Seiring perkembangan zaman dan dinamika pendidikan yang semakin canggih, menuntut penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Fenomena yang terjadi saat ini, metode pembelajaran konvensional masih banyak digunakan. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut yakni penggunaan media pembelajaran yang masih belum mengikuti perkembangan zamans. Dengan demikian, merubah paradigma pembelajaran menjadi lebih modern dengan penggunaan media digital dan teknologi dalam pembelajaran penting untuk dilakukan. Seperti penggunaan media video interaktif dalam pembelajaran. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengembangkan media video interaktif pada materi sejarah perkembangan fikih. Menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang menerapkan model pengembangan 4D, dengan uji coba skala sedang kepada 27 peserta didik kelas X di MA Darul Ulum Palangka Raya. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket, Adapun teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video interaktif pada materi sejarah perkembangan fikih yang telah dikembangkan menggunakan aplikasi YouCut termasuk kategori sangat layak, hal ini berdasarkan penilaian ahli materi dengan presentase akhir 93%, dan penilaian ahli media dengan presentase akhir 83%. Serta hasil respon peserta didik terhadap media dengan dengan rata-rata presentase 82% hal ini menunjukkan bahwa media video interaktif termasuk kategori sangat layak dan secara keseluruhan pembelajaraan menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi sejarah perkembangan fikih.
Copyrights © 2025