Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Transformasi Pembelajaran Ekonomi: E-Modul Bermuatan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Atas

Tri Yuliani (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
M. Anas (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Sugiono (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji efektivitas e-modul ekonomi bermuatan kearifan lokal dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta membentuk Profil Pelajar Pancasila. Urgensi penelitian ini terletak pada rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dan minimnya pengintegrasian nilai-nilai karakter berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran. Kebaruan penelitian meliputi pendekatan pemecahan masalah berbasis kearifan lokal, penggabungan dimensi kognitif dan karakter, serta pelibatan aktif para pemangku kepentingan lokal. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dengan pendekatan mixed-method. Hasil validasi ahli menunjukkan e-modul sangat layak digunakan, sementara uji implementasi pada 50 siswa SMA menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar, dengan rata-rata skor post-test (79,6) lebih tinggi dibandingkan pre-test (47,6). Dampaknya, e-modul tidak hanya meningkatkan hasil belajar tetapi juga menumbuhkan sikap positif siswa terhadap pembelajaran ekonomi dan pemahaman nilai-nilai Pancasila, memperkuat relevansi pembelajaran dengan identitas budaya lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...