Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari dalam konteks keagamaan dan budaya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas berbagai metode pembelajaran bahasa Arab pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pondok Pesantren Imam Bukhari. penelitian ini mencoba mengidentifikasi metode pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan keterampilan bahasa arab tingkat SMP. Metode yang digunakan meliputi pendekatan kualitatif studi kasus dengan pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara dengan para pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap metode memiliki karakteristik serta kekuatan dan kelemahan yang berbeda-beda. Oleh karenanya lembaga terkait perlu memilih metode yang tepat serta tenaga pendidik yang mencukupi dari sisi kualitas dan kuantitas, agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Penelitian ini merekomendasikan integrasi metode komunikatif dan teknologi dalam kurikulum pembelajaran bahasa arab di tingkat SMP untuk mencapai hasil yang lebih optimal.
Copyrights © 2025