Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan Islam dalam perspektif World Conferences on Muslim Education (WCME) melalui pendekatan ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis studi literatur, artikel ini mengeksplorasi kontribusi WCME terhadap pengembangan pendidikan Islam dalam konteks global. Kajian ontologis menyoroti pandangan WCME tentang hakikat pendidikan Islam, sedangkan aspek epistemologis membahas prinsip-prinsip keilmuan yang menjadi dasar kurikulum pendidikan Islam. Dari sisi aksiologis, artikel ini menganalisis nilai-nilai yang ditanamkan dalam pendidikan Islam sesuai rekomendasi WCME. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WCME memberikan kerangka holistik untuk pendidikan Islam yang berakar pada prinsip-prinsip tauhid, integrasi ilmu, dan pengembangan nilai-nilai universal. Artikel ini memberikan wawasan bagi para pendidik, akademisi, dan pengambil kebijakan dalam memahami dan mengimplementasikan pendidikan Islam secara komprehensif.
Copyrights © 2025