Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan strategi manajemen kelas yang efektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri Tambakaji 04, Ngaliyan, Semarang. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini berfokus pada observasi dan wawancara terhadap seorang guru PAI untuk memahami praktik pengelolaan kelas secara komprehensif. Observasi dilakukan selama satu setengah bulan, dari 18 September hingga 30 Oktober 2024, dengan mencatat kondisi kelas, interaksi guru dan siswa, serta implementasi strategi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas yang efektif melibatkan empat aspek utama, yaitu menciptakan kenyamanan melalui pengaturan tata ruang yang fleksibel, meningkatkan keaktifan siswa dengan metode interaktif seperti pembelajaran kooperatif dan media digital, mengoptimalkan penggunaan waktu melalui perencanaan pembelajaran yang terstruktur, serta meningkatkan kedisiplinan dengan penerapan aturan berbasis nilai. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi manajemen kelas yang diterapkan tidak hanya mendukung pembelajaran yang kondusif, tetapi juga membentuk karakter siswa secara holistik. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kompetensi guru dalam pengelolaan kelas, khususnya dalam konteks pendidikan agama di sekolah dasar, serta menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut terkait pengelolaan kelas yang inovatif dan inklusif.
Copyrights © 2025