Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran guru tahfidz sebagai pembimbing dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur'an santri tingkat SMP di Pondok Pesantren Imam Bukhari, Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan lapangan, mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru tahfidz. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru tahfidz dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur'an santri meliputi lima aspek utama: (1) sebagai pembimbing dan pengawas, guru menerapkan metode talqin, sabak, sabki, dan manzil; (2) sebagai motivator, memberikan dorongan moral dan dukungan emosional; (3) sebagai teladan, menunjukkan akhlak Qur'ani dan bacaan Al-Qur'an yang benar; (4) memahami karakteristik santri untuk memberikan bimbingan yang sesuai; dan (5) melakukan evaluasi dan perbaikan metode pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dalam memahami peran spesifik guru tahfidz dalam konteks pondok pesantren, serta menawarkan wawasan praktis untuk pengembangan metode pembelajaran tahfidz.
Copyrights © 2025