Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan arsitektur bisnis berbasis TOGAF guna mendukung penjaminan mutu proses pembelajaran di Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas. Fokus penelitian terletak pada pemetaan proses pembelajaran, identifikasi kesenjangan, dan rancangan model untuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang terintegrasi. Metode yang digunakan meliputi studi dokumen, wawancara, dan pemodelan proses menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang dihasilkan mampu mendukung penyusunan kurikulum berbasis capaian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dengan integrasi teknologi, serta evaluasi berbasis data yang memungkinkan perbaikan berkelanjutan. Model ini juga memenuhi standar nasional dan internasional dengan menekankan keterlibatan multi-pihak, termasuk industri, dalam proses pembelajaran. Kesenjangan yang diidentifikasi meliputi kurang optimalnya keterlibatan pemangku kepentingan eksternal, penggunaan teknologi pembelajaran, dan konsistensi evaluasi pembelajaran.. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif, efisien, dan relevan dengan kebutuhan pasar kerja serta standar mutu global. Hal ini tercermin dari hasil pemodelan menggunakan BPMN yang memetakan secara rinci tiga tahapan utama proses pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta sub-proses terkait seperti penyusunan kurikulum dan RPS, pelaksanaan pembelajaran, hingga asesmen dan umpan balik mahasiswa.
Copyrights © 2025