Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Supervisi Klinis

Slamet (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta)
Meti Fatimah (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui supervisi klinis di SMK Ma’arif NU 2 Boyolali serta dampak positif yang ditimbulkan dari pelaksanaan supervisi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan supervisi klinis secara sistematis melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut, yang melibatkan komunikasi dua arah antara supervisor dan guru. Supervisi klinis terbukti memberikan dampak positif, di antaranya peningkatan kompetensi pedagogik guru, peningkatan efektivitas pembelajaran, serta peningkatan motivasi guru dalam mengembangkan strategi mengajar yang inovatif. Dengan demikian, supervisi klinis menjadi instrumen yang efektif dalam meningkatkan kualitas pengajaran guru PAI di SMK Ma’arif NU 2 Boyolali.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...