Urgensitas kemampuan membaca Al-Qur’an menjadi faktor utama sebagai seorang muslim dalam mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Perihal tersebut menjadi suatu kewajiban esensial yang tidak dapat diacuhkan, sebab hukum mengaruhi kehidupan seorang muslim bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist. Perihal tersebut menuntut kemampuan seorang guru untuk dapat menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga dapat mempercepat terjadinya peningkatan kemampuan membaca siswa, salah satunya dengan penggunaan metode pembelajaran turor sebaya yang mana rekan sejawat dapat menjadi sumber belajar bagi peserta didik dibawah bimbingan dan pengawasan guru. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan model perencanaan, tata cara pelaksanaan dan desain evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti melalui metode tutor sebaya. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari informan penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis miles, Huberman dan saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik kevalidan atau keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu. 1). Pada desain perencanaan, guru menyusun modul ajar serta menentutan peserta didik yang hendak dijadikan sebagai tutor teman sebayanya serta membentuk kelompok-kelompok berisikan kumpulan siswa berskala kecil. 2). Sedangkan pada tahap pelaksanaan, Guru menerapkan beberapa tahapan yang telah direncanakan sebelumnya serta mengawasi aktivitas membaca Al-Qur’an peserta didik secara keseluruhan dalam kelompok, 3). Kemudian pada sesi evaluasi guru melakukan tes bacaan secara langsung terhadap siswa yang ditunjuk secara acak dan terdapat adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an Peserta didik dari kebenaraan bacaan hukum serta pelafalan hurufnya dan memahami waqaf serta ibtida’ bacaannya dengan benar dan baik.
Copyrights © 2025