Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 2 Mei (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Kontribusi Supervisi Akademik dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Sekolah Dasar Negeri

Lia Wahyu Puspita Sari (Universitas PGRI Semarang)
Ngurah Ayu Nyoman Murniati (Universitas PGRI Semarang)
I Made Sudana (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Kenyataan yang menunjukkan bahwa mutu sekolah masih rendah. Supervise akademik kepala sekolah yang belum dilaksanakan dengan baik dapat mempengaruhi mutu sekolah. Kinerja guru yang belum baik juga dapat mempengaruhi mutu sekolah sehingga tidak tercapaianya tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik dan kinerja guru terhadap mutu sekolah dasar negeri di Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Populasi penelitian ini adalah semua guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang yang berjumlah 202 guru. Sampel yang digunakan adala 134 guru yang ditentukan menggunakan tekhnik proporsional random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian expost facto. Hasil Penelitian ini adalah sebagai adalah terdapat pengaruh yang signifikan supervisi akademik terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dalam persamaan Ŷ= 45,587 + 0,863X1 dengan kontribusi 0,725= 72,5%. Kinerja guru berpengaruh terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dalam persamaan Ŷ= 57.111 + 0,644X2 dengan besaran kontribusi 0,622 = 62,2%. Supervise akademik bersama kinerja guru memberikan pengaruh terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dalam persamaan dengan persamaan Y= 22,493 + 0,585 X1 + 0,247 X2 dengan kontribusi sebesar 0,802 atau 80,2 %. 19,8% dipengaruhi faktor lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...