Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 2 Mei (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Pengaruh Model Rational Building terhadap Literasi Digital dan Berpikir Kritis siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Kurnia Rahmasari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadang Sundawa (Universitas Pendidikan Indonesia)
Neiny Ratmaningsih (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Literasi digital menjadi keterampilan esensial di era digital, namun banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam mengevaluasi informasi secara kritis dan etis. Model pembelajaran Rational Building dirancang untuk mengembangkan keterampilan berpikir analitis, kreatif, dan reflektif, sehingga siswa dapat lebih kritis dalam mengolah informasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Rational Building terhadap peningkatan literasi digital dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMPN 43 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Rational Building secara signifikan meningkatkan literasi digital dan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Siswa dalam kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dalam kemampuan mengevaluasi sumber informasi, mengidentifikasi bias, serta membuat keputusan yang lebih rasional dibandingkan kelompok kontrol. Selain itu, pendekatan ini juga meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa Rational Building dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan abad ke-21, terutama dalam menghadapi tantangan era digital yang semakin kompleks. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Rational Building secara signifikan meningkatkan literasi digital dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model ini menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dalam keterampilan mengakses, mengevaluasi, serta memanfaatkan informasi digital secara kritis dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Selain itu, kemampuan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan yang terlihat dari kemampuan mereka dalam menganalisis masalah, mengevaluasi argumen, dan menyusun solusi berdasarkan bukti yang tersedia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...