Educational Research Indonesia
Vol 1 No 2 (2024)

Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Perkalian dan Pembagian Pecahan Di Sekolah Dasar

Dewi Anggreini (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Rendra Dwi Cahya (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Mahmuda Titi Muanifah (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  presentase kesalahan siswa dalam mengerjakan soal materi perkalian dan pembagian pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Tempursari Sleman Yogyakarta.  Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal perkalian dan pembagian pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Tempursari Sleman Yogyakarta.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD N Tempursari. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan instrumen penelitian. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Kesalahan yang paling banyak dilakukan yaitu kesalahan siswa dalam keterampilan proses (process skill error) materi perkalian dan pembagian pecahan dengan rata- rata kesalahan sebesar 71,4% yang termasuk kategori tinggi. Kesalahan siswa dalam penulisan jawaban (encoding error) materi perkalian dan pembagian pecahan dengan rata-rata kesalahan sebesar 55,6%, yang dikategorikan sedang. Kesalahan siswa dalam transformasi soal (transfomation error) materi perkalian dan pembagian pecahan dengan rata-rata kesalahan 39,7%, yang termasuk kategori rendah. Kesalahan siswa dalam membaca soal (reading error) materi perkalian dan pembagian pecahan didapatkan rata-rata persentase sebesar 19,37%, kategori sangat rendah. Kesalahan siswa dalam memahami isi (comprehension error) soal materi perkalian dan pembagian pecahan dengan rata-rata kesalahan sebesar 7,9%, yang termasuk kategori sangat rendah. Ada beberapa hal yang bisa membuat siswa melakukan kesalahan saat mengerjakan soal, salah satunya adalah faktor internal. Contohnya, siswa tidak membaca soal dengan teliti, kesulitan memahami isi soal, tidak bisa menangkap inti dari pertanyaan yang diajukan, dan lupa pada konsep dasar yang penting. Kondisi kelas yang tidak mendukung bisa membuat siswa sulit berkonsentrasi saat mengerjakan tugas..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eri

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

ERI: Educational Research Indonesia is a peer-reviewed journal in the field of education. It is published twice a year (June, December) by Laskar Karya in Probolinggo, East Java. Manuscripts submitted by authors undergo double-blind peer review. Accepted articles are published both online and in ...