Jurnal Ilmiah Agribios
Vol 22 No 2 (2024): November

ANALISIS MARGIN DAN SALURAN PEMASARAN AGRIBISNIS KOMODITAS JAGUNG DI KECAMATAN PURBOLINGGO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Sofiyatun Najah (Universitas Nahdlatul Ulama Lampung)
Eny Ivan’s (Universitas Nahdlatul Ulama Lampung)
Novia Ambar Sari (Universitas Nahdlatul Ulama Lampung)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Pertanian tanaman pangan terdiri dari dua kelompok besar yaitu pertanian padi dan palawija, pengembangan tanaman palawija juga diarahkan untuk pemantapan ketahanan pangan dan pemberantas kemiskian. Palawija merupakan kelompok komoditas tanaman pangan kedua terpenting setelah padi. Jagung, kedelai, dan kacang tanah merupakan komoditas palawija utama yang diusahakan petani pada musim kemarau pada berbagai jenis pengairan di lahan sawah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaarn jagung di Kecamatan Purbolinggo. Tanaman jagung merupakan tanaman rumput-rumputan (graminae) dan berbiji tunggal (monokotil) dan memiliki nama latin Zea mays linn. Penelitian ini menggunakan metode survei. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi pengamatan, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Snowball Sampling dan menggunakan rumus Slovin. Metode analisis data yaitu analisis saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian ini terdapat tiga saluran pemasaran. Saluran pemasaran I : Petani – Konsumen. Saluran pemasaran II : Petani – Pedagang Besar – Konsumen. Saluran pemasaran III : Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – Konsumen. Margin pemasaran jagung pipilan pada saluran I, II dan III secara berturut – turut sebesar Rp.0/Kg, Rp.1.300/Kg dan Rp.2.200/Kg. Perbedaan margin pemasaran antara saluran pemasaran I, II dan III disebabkan oleh perbedaan biaya pemasaran yang dikeluarkan pada setiap lembaga pemasaran.Persentase farmer’s share secara berturut – turut adalah saluran pemasaran I dengan persentase 100%, saluran pemasaran II dengan persentase 74% dan saluran pemasaran III dengan persentase 56%. Nilai efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran I, II dan III secara berturut – turut adalah saluran pemasaran I dengan persentase 11,66%, saluran pemasaran II dengan persentase 12,06% dan saluran pemasaran III dengan persentase 15,06%.

Copyrights © 2024