Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9 No 1 (2022): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Kemampuan Mencatat (Note-Taking) dalam Penerjemahan Lisan Konsekutif: Investigasi Kemampuan dan Persepsi Mahasiswa

Mahmud Mahmud (Swadaya Gunung Jati University)
Agus Wira Bhakti (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa pendidikan bahasa inggris UGJ pada keterampilan pencatatan (note taking) dalam penerjemahan lisan konsekutif (consecutive interpreting) menggunakan dasar dasar pencatatan (note taking) Jean Francais Rozan  dan bagaimana persepsi mereka terhadap terhadap  model pencatatan (note taking) Jean Francais Rozan. Penelitian ini menggunakan metode campuran kuantiatif  kualitatif. Kuantitatif untuk mengetahui sekor angka kemampuan partisipan terhadap pencatatan (note taking) Jean Francais Rozan. Pendekatan Kualitatif  digunakan untuk mengetahui persepsi partisipan terhadap pencatatan (note taking) Jean Francais Rozan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum mahasiswa prodi pendidikan bahasa inggris masih rendah dalam  memahami model pencatatan (note taking) Jean Francais Rozan. Sementara  persepsi mahasiswa terhadap  model pencatatan (note taking) Jean Francais Rozan cukup positif.Kata kunci: pencatatan (note taking), Jean Francais Rozan, mahasiswa, penerjemahan lisan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Deiksis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia, Â pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menerima publikasi dari ...