Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 13, No 2 (2025): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Analisis Kesesuaian Sumber Belajar Buku Teks "Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas II" dengan Elemen Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Yunita Pujiasih (Universitas Pendidikan Indonesia)
Deri Hendriawan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Effy Mulyasari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Reka Julianti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Elmi Hanjar Bait (SDN Kareogenggong)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Pendidikan Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa dan memperkuat identitas nasional melalui integrasi nilai-nilai Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi relevansi buku teks "Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas II" terhadap elemen Capaian Pembelajaran (CP) dan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode analisis konten untuk mengidentifikasi kesesuaian materi dan aktivitas pembelajaran dengan elemen CP serta relevansi konteks lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks ini telah mencakup banyak elemen CP dan mendukung dimensi Profil Pelajar Pancasila seperti kemandirian, gotong royong, dan akhlak mulia. Namun, buku ini masih memerlukan penambahan konteks lokal dan aktivitas yang mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengayaan konteks lokal dan penerapan pendekatan pembelajaran berbasis pengalaman dapat meningkatkan kesesuaian buku teks dengan tujuan Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...