Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 4 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Peningkatan Keterampilan Proses Sains pada Materi Mengubah Bentuk Energi Melalui Penerapan Pendekatan CER pada Siswa Kelas IV SDICT Al-Abidin Surakarta

Rabiatul Adawia (Unknown)
Winny Anggraeni (Unknown)
Lisda Eunike Siboro Purba (Unknown)
Riyadi Riyadi (Unknown)
Choirul Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kela IV SDICT Al-Abidin Surakarta melalui penerapan pendekatan Claim, Evidence, Reasoning (CER). Keterampilan proses sains yang menjadi fokus meliputi mengamati, mengklasifikasikan, melakukan percobaan, mengkomunikasikan, menarik kesimpulan, dan memprediksi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah penerapan pendekatan CER. Pada siklus pertama, nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa mencapai 74%, dan meningkat menjadi 82% pada siklus kedua. Peningkatan ini ditunjukkan melalui analisis N-gain dengan hasil rata-rata 0,53 yang tergolong kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan CER efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa, yang berdampak positif pada hasil belajar sains secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...