EDUNOMIC : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Vol 5 No 1 (2017): EDISI MARET

Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Endang Herawan (FKIP Unswagati)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2017

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara aktif dan menyenangkan di dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat meraih hasil belajar dan prestasi yang optimal. Maka secara langsung dalam kegiatan pembelajaran di sekolah diperlukan penggunaan model pembelajaran aktif salah satunya adala                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 tipe active debate.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe active debate, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi antara siswa yang menggunakan atau mendapatkan penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate dengan siswa tidak menggunakan atau mendapatkan penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate, untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif tipe active debate terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen quasi dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas dari 4 kelas IIS yaitu XI IIS 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IIS sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pretest, postes dan angket.Hasil penelitian menunjukan bahwa respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate pada mata pelajaran ekonomi sangat positif yaitu sebesar 83, 93%. Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu dengan diperoleh perhitungan dari nilai n-gain yaitu nilai thitung = 15,036 dengan derajat kebebasan (df) (n1+n2-2) = 80-2 = 78, diperoleh ttabel= 2,000 dengan α = 0,05 dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel,  maka nilai thitung akan lebih besar dari ttabel (15,036 > 2,000), hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, Penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate dapat mempengaruhi hasil belajar siswa bahwa thitung > ttabel,yaitu15,863 > 2,000, hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolakDengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe active debate dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IIS SMA Negeri 1 Lemahabang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edunomic

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi merupakan jurnal interdisipliner yang mempublikasikan kajian-kajian pustaka, penelitian empiris, review buku terkait dengan pengembangan keilmuan dalam bidang Pendidikan Ekonomi. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Edunomic ini adalah ...