cover
Contact Name
ENCENG YANA
Contact Email
jurnaledunomci@gmail.com
Phone
+6281220797340
Journal Mail Official
jurnaledunomic@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perjuangan No 1 Kota Cirebon
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
EDUNOMIC : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 2337571X     EISSN : 2541562X     DOI : DOI: http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v8i2
Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi merupakan jurnal interdisipliner yang mempublikasikan kajian-kajian pustaka, penelitian empiris, review buku terkait dengan pengembangan keilmuan dalam bidang Pendidikan Ekonomi. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Edunomic ini adalah sebagai berikut (1) Model Pembelajaran ekonomi;(2) Model Pembelajaran akuntansi;(3) Media dan multimedia pembelajaran Ekonomi;(4) Kurikulum dalam pengajaran ekonomi;(5) Penilaian dan evaluasi dalam pengajaran ekonomi; (5) Desain dikdaktis dalam pembelajaran ekonomi; (6) Lesson Studi dalam pembelajaran ekonomi;(7) Kewirausahaan;(8) Akuntansi.
Articles 143 Documents
FAKTOR-FAKTOR EKSTERN YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA Yopi Nisa Febianti; Mohamad Joharudin
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): EDISI SEPTEMBER
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v5i2.246

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor ekstern pada prestasi belajar mahasiswa agar prestasi belajar mereka mengalami perubahan yang memuaskan, terutama pada mata kuliah Teori Ekonomi Mikro. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional terhadap mahasiswa Tingkat II Pendidikan Ekonomi FKIP UNSWAGATI Cirebon Jawa Barat. Data penelitian didapatkan melalui instrumen skala sikap berupa angket yang berjumlah 30 pernyataan mahasiswa terhadap pengaruh keluarga, sekolah, dan masyarakat pada prestasi belajar mereka. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah semua mahasiswa Tingkat II Pendidikan Ekonomi. Mahasiswa dalam 7 kelas sebagai responden dipilih secara random berdasarkan kelas, bukan mahasiswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan angket. Hasil dari penelitian menunjukkan faktor-faktor ekstern memiliki pengaruh yang positif pada prestasi belajar mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai Fhitung (131,943) dengan tingkat signifikan 0,000, karena probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05 maka, Ha-1 yang menyatakan faktor keluarga, sekolah/kampus, dan masyarakat memiliki pengaruh yang positif pada prestasi belajar mahasiswa dan diterima secara statistik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor keluarga, sekolah (FKIP UNSWAGATI), dan masyarakat memiliki pengaruh yang positif pada prestasi belajar mahasiswa. Diharapkan hasil dari penelitian ini memberikan informasi untuk bahan pertimbangan dan masukan mengenai pentingnya pengaruh faktor-faktor ekstern pada prestasi belajar mahasiswa. Kata Kunci: Faktor-faktor ekstern dalam persepsi mahasiswa, prestasi belajar mahasiswa.
PENDIDIKAN IPS SEBAGAI WADAH PENGUATAN NILAI BUDAYA LOKAL DI ERA GLOBALISASI dodik kariadi
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): EDISI SEPTEMBER
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v5i2.255

Abstract

Local cultural value if it is not preserved and maintained, it is feared gradually will experience the process of extinction due to the influence of globalization. One of the efforts to preserve it is through the utilization of local culture in the learning process in schools. IPS as a lesson that holds a significant role to develop the culture is expected to be a forum for local culture available. IPS Learning in school is expected to develop a range of capabilities on students, especially the ability to live in the middle of a neighborhood or community where students live. Therefore, teachers are required to have an adequate understanding of the value of local culture, in addition to its ability to understand the subject matter of responsibility.
PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN IPS Dina Anika Marhayani
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): EDISI SEPTEMBER
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v5i2.261

Abstract

Pembelajaran IPS diperlukan untuk membentuk karakter generasi muda. Generasi muda adalah ujung tombak masa depan suatu negara, sehingga mereka harus memiliki karakter dalam kehidupan bermasyarakat. Peranan pembelajaran IPS adalah untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis peserta didik terhadap kondisi sosial masyarakat. Pokok permasalahan yakni belum maksimalnya penanaman karakter di sekolah-sekolah di kota Singkawang karena pembelajaran IPS masih bersifat teori. Padahal inti dari pembelajaran ini adalah membentuk peserta didik menjadi warga negara yang baik yang diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini telah meninjau literatur jurnal yng sama dan artikel tentang kaitannya pembelajaran IPS dengan pembentukan karakter. Bagian pertama dalam studi ini akan memperkenalkan tentang hakikat dari pembelajaran IPS. Bagian kedua, akan membahas peranan pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter. Bagian akhir dari tulisan ini akan menjelaskan tentang pembentukan karakter di sekolah-sekolah melalui pembelajaran IPS.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PRABAYAR Nindy Wahyuni; arie indra gunawan
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): EDISI SEPTEMBER
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v5i2.304

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas swadaya Gunung Jati Cirebon yang berjumlah 517 mahasiswa.  Besarnya sampel ditentukan dengan rumus Taro Yamane, teknik  Sampling Insidental dan Sampling Purposive. Hasil perhitungan tersebut diperoleh 84 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian adalah menggunakan studi kepustakaan dan kuesioner (angket). Uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data, uji linearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi berganda, uji f dan koefisien determinasi.Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh faktor budaya memiliki nilai 1513 yang berarti mahasiswa setuju jika faktor budaya berpengaruh terhadap keputusan pembelian, faktor sosial memiliki nilai 1206 yang berarti mahasiswa ragu-ragu jika faktor sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, faktor pribadi memiliki nilai 1522 yang berarti mahasiswa setuju jika faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan faktor psikologi memiliki nilai 1552 yang berarti mahasiswa setuju jika faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian . Berdasarkan hasil perhitungan faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 82,5% dan hasil nilai Fhitung ≥ Ftabel (93,278 ≥ 2,33) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi, berpengaruh terhadap keputusan pembelianKata kunci : faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi, keputusan pembelian.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTIKUM AKUNTANSI DENGAN MYOB ACCOUNTING BERORIENTASI PADA METODE DRILL Enceng - Yana
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): EDISI SEPTEMBER
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v5i2.310

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain bahan bahan ajar berupa modul praktikum akuntansi, dan untuk mengetahui implementasi desain bahan ajar berupa modul praktikum  akuntansi. Desain bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa modul praktikum akuntansi dengan menggunakan aplikasi myob accounting yang berorientasi pada metode drill. Desain modul divalidasi oleh ahli media pembelajaran. Subyek penelitian yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Unswagati Cirebon. penelitian ini menggunakan penelitian 4D yaitu define, design, development, dan dissemination. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi desain bahan ajar berupa modul ekonomi menunjukan kriteria “Sangat Layak”. Implikasi dari penggunaan modul ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan pemahaman dengan kriteria “Sangat Kuat”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa desain bahan ajar berupa modul ekonomi dalam penelitian ini efektif . Kata Kunci: Desain Bahan Ajar Modul, Myob Accounting, Metode Drill
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (PTK siswa Kelas IX C SMPN 3 Kota Cirebon) Abdul Rojak
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): EDISI SEPTEMBER
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v5i2.315

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini disebabkan kurang aktifnya kegiatan pembelajaran di kelas dan  guru tidak memfasilitasi peserta didik untuk melakukan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dalam kegiatan pembelajaran berdampak pada hasil belajar yang rendah. Masalah tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pairs-Share dalam konsep, Perjuangan Bangsa Indonesia merebut Irian Barat. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pairs-Share dapat mewujudkan perubahan dari pendekatan pembelajaran berorientasi pada guru (teacher centered approach) menuju pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada siswa (student centered approach).Model ini sebagai alternatif yang dapat memberi kesempatan pada siswa lebih banyak  waktu  untuk  berpikir,  merespon  dan  saling  membantu dengan siswa lainnya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan penerapan tiga siklus yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2015-2016. Hasil Penelitian Tindakan Kelas bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, perolehan nilai rata-rata siklus I sebesar 69,64. Setelah melakukan refleksi pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,00 terjadi peningkatan sebesar 5,36 begitu pula dari siklus II ke siklus III terjadi peningkatan sebesar 4,64. Begitu pula dengan aktivitas belajar siswa masuk dalam katagori baik dan selalu mengalami peningkatan pada setiap siklus. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IX C SMP Negeri 3 Kota Cirebon melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pairs-Share. Kata Kunci: Hasil belajar, Think-Pairs-Share
Desain Bahan Ajar Yang Berorientasi Pada Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Capaian Pembelajaran Pada Ranah Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon Agung Setiawan; Iin Wariin Basyari
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 1 (2017): EDISI MARET
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v5i1.431

Abstract

Bahan ajar yang sudah ada masih bersifat umum, dan ketersediaannya terbatas. sehingga belum mampu membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran khususnya ranah pemahaman. Maka, diperlukan desain bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan karakteristik siswa untuk membantu meningkatkan kualitas dan keberhasilan pembelajaran. Desain bahan ajar ini akan dipadukan dengan model pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui desain bahan ajar berorientasi model STAD untuk capaian pembelajaran ranah pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Plered pada materi peran badan usaha dan pemerintah dalam kegiatan ekonomi di suatu negara, dan (2) mengetahui implementasi pada desain bahan ajar berorientasi model STAD untuk capaian pembelajaran ranah pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Plered pada materi peran badan usaha dan pemerintah dalam kegiatan ekonomi di suatu negara. Desain bahan ajar ini didesain berdasarkan kendala belajar yang diperoleh dari hasil analisis studi pendahuluan dan wawancara terhadap guru dan siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif metode penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa bahan ajar berorientasi model STAD untuk capaian pembelajaran ranah pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi peran badan usaha dan pemerintah dalam kegiatan ekonomi di suatu negara.Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar yang disusun berisi tentang penjelasan yang kontekstual. Serta, ditambah dengan gambar yang dapat merepresentasikan suatu konsep yang abstrak menjadi lebih realistik. Studi kasus dan Pertanyaan pada Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat menggiring siswa mencapai tujuan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran, untuk meningkatkan antusiasme dan motivasi belajar siswa. Guru memberikan arahan dan motivasi secara langsung kepada siswa. Serta, guru menggunakan pendekatan pembelajaran Student Centered Learning yang dipadukan dengan bahan ajar yang kontekstual dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa desain bahan ajar dengan menggunakan model STAD dapat digunakan dan dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa.
AKTUALISASI AJARAN KONFUSIUS YANG DIADAPTASIKAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN edi fitriana afriza; Astri Srigustini
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 1 (2018): EDISI MARET
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v6i1.732

Abstract

Keberhasilan ajaran konfusius yang dianut etnis tionghoa untuk menjalankan wirausaha menjadikan mahasiswa tertarik dalam mempelajari kewirausahaan disamping itu profesi wirausaha yang didoiminasi etnis tionghoa dijadikan sebagai sebagai suatu simbol dari keberhasilan dan kesuksesan. Ajaran konfusius menerapkan kemanusiaan, hubungan, kesopanan, keberanian, kebijaksanaan, dapat dipercaya dan kesetiaan yang diadaptasikan pada kehidupan sehari-harinya dalam berwirausaha. Penelitian ini bertujuan menjadikan ajaran konfusius yang melekat pada etnis tionghoa dalam bidang wirausaha dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran pendidikan karakter kewirausahaan. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif melalui pendekatan interaksi simbolik dengan teknik pengumpulan data melalui interview, observasi lapangan, dan studi kepustakaan. Hasil penelitiannya mengenai 1) Sumber pembelajaran ajaran konfusius yang diadaptasikan pada kewirausahaan sangat dinamis dan relevan terhadap perkembangan pendidikan kewiraushaan, 2) Ajaran konfusius dipandang sesuai dalam menumbuhkan karakter sejati entrepreneur dan 3) Etnis tionghoa dipandang repersentatif sebagai teladan dalam lingkungan aktivitas ekonomi.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI VERIFIKASI PPH 22, PPH 23 DAN PPH PASAL 4 (2) DI PT PINDAN (PERSERO) BANDUNG Endang Mahpudin; Sugianto Ikhsan
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 1 (2018): EDISI MARET
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v6i1.824

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Sistem Informasi Verifikasi Pajak PPh 22, PPh 23, dan PPh 4 (2) yang sedang berjalan di PT PINDAD (Persero) Bandung, dan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi, serta bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan praktek kerja langsung dan melakukan kajian pustaka yang memiliki relevansi erat dengan pokok permasalahan. Dari penelitian yang telah dilakukan, ternyata yang menjadi faktor permasalahannya adalah pengolahan data masih menggunakan cara manual, sehingga sering terjadi kesalahan dalam pencatatan dan perhitungan juga membutuhkan waktu yang cukup lama, serta belum adanya program atau aplikasi yang dapat mempercepat pengumpulan data.Sistem informasi ini dirancang dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan pemodelan DFD (Data Flow Diagram), serta diimplementasikan dengan bahasa pemograman Microsoft Visual Studio 2010 dan Microsoft Access 2013 sebagai database-nya. Sedangkan untuk model pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Waterfall.Adapun saran yang diberikan adalah sebagai berikut: 1. Melakukan pelatihan tata cara penggunaan sistem yang baru; 2. Melakukan perawatan secara rutin agar tidak terjadi kerusakan pada sistem; 3. Melakukan pengembangan program di masa yang akan datang.Kata Kunci: Perancangan Sistem Informasi, Verifikasi Pajak, Waterfall.
DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN RANAH PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP EKONOMI Euis Jimasari; Iin Basyari
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 1 (2018): EDISI MARET
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v6i1.924

Abstract

Penelitian Pengembangan Desain Media Didaktik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 3 Cirebon

Page 1 of 15 | Total Record : 143