EDUNOMIC : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Vol 6 No 2 (2018): EDISI SEPTEMBER

RELEVANSI MANAJERIAL PENDIDIKAN “INDONESIA MENGAJAR” DENGAN KUALITAS PENDIDIKAN DAERAH 3T: STUDI KASUS ROTE NDAO

Putri Riswani Halim (Universitas Padjadjaran)
Fauziah Agustina Sa'ban (Universitas Padjadjaran)
Farah Muthia Syifa (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2018

Abstract

Rote Ndao sebagai sebuah kabupaten paling selatan di Indonesia memiliki berbagai keterbatasan dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Indonesia Mengajar hadir sebagai gerakan untuk memajukan pendidikan di Rote Ndao. Penelitian ini bertujuan untuk melihat relevansi manajerial pendidikan yang dilakukan Indonesia Mengajar dengan kualitas pendidikan di Rote Ndao. Analisis penelitian ini menggunakan metode campuran atau mix-method anatara kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif menggunakan pendekatan ekonometrika dengan model regresi Ordinary Least Square (OLS). Model Ordinary Least Square (OLS) didukung dengan metode kualitatif dengan pendekatan wawancara mendalam atau In-Depth Interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat relevansi positif antara Indonesia Mengajar dengan kualitas pendidikan daerah 3T khususnya Rote Ndao. Indonesia Mengajar memiliki manajerial pendidikan yang baik dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Rote Ndao sehingga program serupa dapat diterapkan di daerah 3T lainnya agar ketimpangan pendidikan di Indonesia dapat diatasi.Kata kunci: Rote Ndao, Pendidikan, Indonesia Mengajar, Metode Campuran

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edunomic

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi merupakan jurnal interdisipliner yang mempublikasikan kajian-kajian pustaka, penelitian empiris, review buku terkait dengan pengembangan keilmuan dalam bidang Pendidikan Ekonomi. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Edunomic ini adalah ...