Desultanah: Journal Education and Social Science
Vol. 2 No. 2 (2024): Desultanah: Journal Education and Social Science

Isu Sosial Dan Etika Dalam Sistem Informasi Manajemen

Nurmayuli, Nurmayuli (Unknown)
Muchfazillah, Nafhiza (Unknown)
Hayati, Mir Atil (Unknown)
Nurmalima, Nurmalima (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Perkembangan alat komunikasi dan aplikasi di era digital menghadirkan tantangan tersendiri bagi masyarakat, yang mana masyarakat harus bisa bersikap bijak dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. tidak tertutup kemungkinan akan terjadi kesalahan-kesalahan dalam penggunaan sistem informasi tersebut. Etika dalam menggunakan teknologi informasi sangat berdampak di dalam lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa itu isu sosial dan etika dalam sistem informasi manajemen, etika dalam bermedia, inovasi teknologi sistem informasi manajemen dan dampak sistem informasi manajemen. Metode penelitian menggunakan kualitatif studi kepustakaan dan literature review. Hasil penelitian menunjukkan isu sosial suatu hal yang mempengaruhi kehidupan masyarakat berkaitan dengan peristiwa dan penilaian terhadap sebuah peristiwa peristiwa, sedangkan etika suatu hal yang berkaitan prinsip-prinsip dalam hal ini dalam penggunaan teknologi. Etika dalam sistem informasi diantaranya berkaitan dengan privasi, akurasi, property dan akses. Inovasi dalam system informasi manajemen segala transaksi yang awalnya secara manual, dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Terakhir dampak sistem informasi manajemen, berdampak positif dan negatif diantaranya dapat perlindungan hak kepemilikan intelektual, membangun akuntabilitas informasi, menetapkan standar kualitas sistem informasi dan mempertahankan kualitas hidup masyarakat, dan mudah terjadi penyalahgunaan data.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

desultanah

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Desultanah: Journal Education and Social Sciences is dedicated to publishing high-quality original research and scholarly conceptual papers addressing issues in education and learning within the social sciences, both in school settings and the broader study of social phenomena. The journal welcomes ...