Intellectual Mathematics Education
Vol. 1 No. 2 (2023): IME

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick

Salma Sya'baniyah (Universitas Suryakancana)
Elsa Komala (Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Cara guru menyajikan materi dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar terutama pada Pelajaran matematika merupakan salah satau yang sangat berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman siswa, selama ini masih terdapat pembelajaran yang tidak melibatkan siswa aktif dalam belajar, sehingga siswa yang cenderung cepat jenuh dalam belajar, tidak berkonsentrasi, dan kurangnya respon terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Peneliti bertujuan untuk melihat peningkatan kemempuan pemahaman matematis siswa, aktivitas siswa dan guru yang efektip, dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus yang setiap siklusnya meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-7 yang berjumlah 39 orang di salah satu SMPN di Cianjur yang dipilih secara purposiv. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian pada materi Teorema Pythagoras, lembar observasi, jurnal dan angket sikap siswa. Dari data yang diperoleh hasil tes kemampuan pemahaman matematika siswa pada setiap siklusnya mengalami meningkat. Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berlangsung dengan baik, terlihat dari sikap siswa menunjukan peningkatan pada setiap siklusnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IME

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, The curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...