IPSSJ
Vol. 2 No. 2 Mei (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

INOVASI METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KESEJAHTERAAN EMOSIONAL SISWA DI UPTD SDN 30 SUNGAILIAT

Tuti Hermini (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2025

Abstract

Pembelajaran interaktif merupakan bentuk pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subjek aktif yang terlibat secara langsung dalam proses belajar melalui dialog, kerja kelompok. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk inovasi metode pembelajaran interaktif yang diterapkan di UPTD SDN 30 Sungailiat, pengaruh penerapan metode pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar siswa di UPTD SDN 30 Sungailiat dan untuk mengetahui dampak inovasi metode pembelajaran interaktif terhadap kesejahteraan emosional siswa di UPTD SDN 30 Sungailiat. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil dalam penelitian ini adalah Pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif mampu menciptakan suasana yang aman, mendukung, dan penuh apresiasi, yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan emosional siswa. Dengan adanya kesempatan untuk berinteraksi, berkolaborasi, serta mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk kegiatan, siswa merasa lebih dihargai dan diterima dalam lingkungan sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...