Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektifitas Model Projects Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E SMP Negeri 5 Pontianak semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 31 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, angket, dan observasi. Soal tes yang digunakan yaitu 8 butir soal esay yang menguji kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa model projects-based learning (PjBL) dalam kurikulum merdeka terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri 5 Pontianak efektif karena empat kriteria efektif tersebut terpenuhi, terbukti dari presentase tiap kriteria yaitu: 1.) Peningkatan atau N-Gain berada pada kriteria sedang, dari uji N-Gain peserta didik rata-rata yang didapatkan adalah 0,58 berada pada kriteria sedang. 2.) Presentase kemampuan berpikir kritis peserta didik berada pada kriteria tinggi, dari nilai posttest rata-rata yang didapatkan adalah 73,87 berada pada kriteria tinggi. 3.) Presentase peserta didik yang mencapai nilai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) lebih dari 80% yaitu 80,65% atau 25 peserta didik yang berada pada kriteria tercapai. 4.) Respon peserta didik terhadap model projects-based learning (PjBL) sangat baik, hasil rata-rata presentase angket respon peserta didik yaitu 85,97% berada pada kriteria sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model projects-based learning (PjBL) dalam kurikulum Merdeka efektif terhadap kemampuan berpikir kritis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025