Identitas gender adalah hal penting dalam proses membentuk karakter siswa sehingga penting untuk dikenalkan sejak dini. Salah satu cara efektif dalam proses belajar siswa, menggunakan cerita bergambar dianggap sebagai media yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan atau informasi mengenai konsep ini terhadap siswa dasar karena memiliki ilustrasi yang dan narasi yang menarik. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Malaysia dalam menulis cerita bergambar berbasis Profil Pelajar Pancasila. Metode pelatihan ini dilakukan dalam satu kali tatap muka yang mencakup materi pengenalan identitas gender, dan struktur cerita, pengembangan karakter, dan yang dipadukan dengan nilai-nilai Pancasila. Setelah pelatihan, tim pengabdi dan guru-guru peserta pelatihan menghasilkan draf cerita bergambar yang mengangkat tema keberagaman dan inklusivitas. Cerita-cerita ini dirancang untuk mendukung pembelajaran siswa dalam memahami identitas gender dan meningkatkan literasi.Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap materi yang diajarkan. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan serupa dapat diterapkan di berbagai institusi pendidikan untuk mendukung pembelajaran berbasis karakter dan inklusivitas.
Copyrights © 2025