Proses pembelajaran Paud Thursina sejalan dengan panduan pembelajaran yang dikeluarkan oleh Kemendikbud yang dimana mengikuti kurikulum 13 dan kurikulum merdaka. Pada Paud, capaian pembelajaran bertujuan untuk memberikan arah yang sesuai dengan aspek perkembangan anak sehingga kompetensi pembelajaran yang diharapkan dicapai anak. Lingkup capaian pembelajaran di Paud dikembangkan dari stimulasi perkembangan anak, yaitu nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa dan nilai Pancasila. Metode yang digunakan yaitu Role Play. Hasil pengabdian Masyarakat Penerapan metode role play di Paud Thursina mengalami peningkatan. Anak-anak menirukan peran yang mereka mainkan sehingga kreativitas peserta didik akan berkembang yang dapat dilihat dari hasil data pra-tindakan, siklus I, siklus II. Berdasarkan hasil pelaksanaan program dihasilkan bahwa terjadi peningkatan pada pra tindakan 40%, dilanjutkan ke siklus I menghasilkan 41%, dan selanjutnya yaitu siklus II yaitu 46%. Dari program role play yang laksanakan penulis melihat peserta didik Paud Thursina menjadi lebih aktif dan lebih kreatif
Copyrights © 2025