Perkembangan Artificial Intelligence (AI) di bidang pendidikan telah berkembang dan dimplementasikan dengan pesat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang metode SLR serta mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi AI yaitu ChatGPT dan SciSpace. Dua AI ini sebagai alat bantu dalam penyusunan kajian pustaka atau SLR. Kegiatan pelatihan ini melibatkan 16 mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Mataram dengan menggunakan metode ceramah, praktik, dan pendampingan berkelanjutan. Selama pelatihan, peserta diajarkan cara mengoptimalkan kombinasi penggunaan ChatGPT dan Scispace untuk mencari literatur yang relevan dan menyusun SLR dengan optimal. Evaluasi dilakukan melalui angket sebanyak tujuh indikator penilaian berdasarkan respon peserta yang bertujuan untuk mengukur pemahaman dan kepuasan peserta. Hasil evaluasi menunjukkan rata-rata capaian keterampilan mahasiswa sebesar 86,96 dengan skor tertinggi sebesar 88,73 pada indikator penggunaan ChatGPT yang efektif untuk membantu penyusunan SLR. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyusun SLR menggunakan teknologi berbasis AI.
Copyrights © 2025