Pendidikan adalah pilar utama dalam pembangunan suatu bangsa, dan Sekolah Dasar (SD) sebagai fondasi awal pendidikan formal yang memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik. Lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan ramah anak merupakan syarat penting untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif. Pendekatan Gender Equality, Disability, and Social Inclusion (GEDSI) relevan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan adil. Pengabdian yang dilakukan adalah mengkaji penerapan prinsip-prinsip GEDSI untuk mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Kota Malang. Melalui program pendampingan yang meliputi pelatihan guru, sosialisasi, dan intervensi komunitas, ditemukan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru tentang GEDSI. Namun, tantangan dalam implementasi tersebut adalah kurangnya keterlibatan stakeholder dan sumber daya manusia yang terbatas. Pengabdian ini juga bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam upaya menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif.
Copyrights © 2025