Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dasar peserta didik dalam materi Ukuran Pemusatan Data. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Akibatnya, peserta didik cenderung merasa bosan dan proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul matematika, dengan fokus mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan e-modul yang dikembangkan. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, dengan model ADDIE yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan beupa lembar angket. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI 3 Denpasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan 93,3% untuk aspek materi dan 94,4% untuk aspek media dengan masing-masing aspek dikategorikan sangat layak. Sementara itu, uji coba e-modul melalui uji coba terbatas, uji coba lapangan I, dan uji coba lapangan II mendapatkan persentase kepraktisan dari angket respon peserta didik masing-masing sebesar 72,8%, 70,91%, dan 71,1%, yang semuanya termasuk dalam kategori praktis. Angket respon pendidik menunjukkan persentase sebesar 91,67%, dengan kategori sangat praktis.
Copyrights © 2025