Program Pemberdayaan Pelajar Digital melalui Pengenalan Dasar Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) pada siswa SMPN 5 Cikarang Selatan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital dan pemahaman dasar mengenai pengembangan perangkat lunak. Program ini mencakup pengenalan konsep dasar RPL, penggunaan alat pengembangan perangkat lunak, serta keterampilan pemrograman dan pengalaman berkoloborasi perancangan aplikasi RPL. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa berhasil mencapai hasil yang melebihi target pada hampir seluruh indikator yang ditetapkan, seperti pemahaman dasar RPL (90%), kemampuan menggunakan alat pengembangan perangkat lunak (85%), keterampilan pemrograman (80%), pemahaman etika digital (75%), dan kemampuan koloborasi (85%). Peningkatan ini mencerminkan efektivitas pendekatan yang menggabungkan teori dengan praktik langsung, serta kolaborasi. Program ini tidak hanya memberikan keterampilan teknis, tetapi juga membangun kesadaran siswa tentang etika dalam teknologi dan pentingnya kerjasama koloborasi. Secara keseluruhan, program ini berhasil mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di dunia digital dengan keterampilan yang relevan dan bertanggung jawab.
Copyrights © 2025