DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 9, No 1 (2025): April 2025

Pemanfaatan Umpan Balik Peserta Didik dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda melalui Implementasi Model Project-Based Learning (PjBL) di Kelas IV Sekolah Dasar

Intan Budi Komara (Universitas Pendidikan Indonesia)
Wahyu Sopandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Atep Sujana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Linda Munawarti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Uswah Rahmawati (Universitas Jendral Soedirman)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana umpan balik peserta didik dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas PjBL serta menganalisis respons peserta didik terhadap penerapan model PjBL dalam konteks materi perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumen untuk mengumpulkan data dari guru dan peserta didik kelas IV SD yang menerapkan PjBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umpan balik peserta didik berfungsi efektif dalam menyesuaikan metode pengajaran dan meningkatkan pemahaman konsep-konsep abstrak seperti perubahan wujud benda. Penerapan PjBL yang didukung umpan balik juga meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan keterampilan abad ke-21 peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi umpan balik peserta didik dalam pembelajaran berbasis PjBL efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan peserta didik. Integrating student feedback into PjBL for teaching phase changes of matter Abstract: This study aims to identify how learner feedback can be used to improve the quality of PjBL and analyze learner responses to the application of the PjBL model in the context of material changes in the form of objects. This research used a descriptive qualitative approach with a case study design, which involved observations, interviews, and documents to collect data from teachers and learners of grade IV SD who implemented PjBL. The results showed that learner feedback was effective in adjusting the teaching method and improving the understanding of abstract concepts, such as changes in the form of objects. The implementation of feedback-supported PjBL also improved learners' engagement, motivation, and 21st-century skills. This study concludes that the integration of learner feedback in PjBL-based learning is effective in improving learning quality and learner engagement.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...