DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 9, No 1 (2025): April 2025

Literatur Review: Pembelajaran Berbasis Website dalam Melatihkan Kemampuan Berpikir Logis

Restu Prayogi (Universitas Lambung Mangkurat)
Syahmani Syahmani (Universitas Lambung Mangkurat)
Ninis Hadi Hardiyanti (Universitas Lambung Mangkurat)
Suyidno Suyidno (Universitas Lambung Mangkurat)
Fahmi Fahmi (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran berbasis website dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta didik. Studi literatur ini dilakukan terhadap 5 artikel yang diterbitkan antara tahun 2014 hingga tahun 2024. Berdasarkan hasil penelusuran terhadap artikel berbantuan kecerdasan buatan yakni SciSpace menunjukkan bahwa usaha dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis, dengan menggunakan beberapa platform media seperti berbasis website modul digital, dan media berbasis teknologi lainnya yang secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta didik. Peningkatan tersebut ditunjukkan melalui hasil uji statistik seperti uji N-gain dan uji-t. Selain itu, penggunaan pendekatan ilmiah, pemecahan masalah, dan STEM turut memperkuat efektivitas media pembelajaran berbasis teknologi dalam melatih keterampilan berpikir logis peserta didik. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pembelajaran berbasis website efektif meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta didik, terutama jika dikombinasikan dengan pendekatan atau model yang melibatkan aktivitas ilmiah. Web-based learning for training reasoning skills Abstract: The aim of this research is to analyze how web-based learning improves students' logical thinking skills. The literature study examined five articles published between 2014 and 2024. The results of the search for artificial intelligence–assisted articles, such as SciSpace, show that using several media platforms, such as website-based digital modules and other technology-based media, can significantly improve students' logical thinking skills. This improvement is demonstrated by statistical test results, such as the N-Gain and T-test. Additionally, scientific approaches, problem-solving, and STEM strengthen the effectiveness of technology-based learning media in training students' logical thinking skills. This study reveals that web-based learning effectively improves logical thinking skills, particularly when combined with approaches or models involving scientific activities.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...