Jurnal Konstruksi dan Infrastruktur : Teknik Sipil dan Perencanaan
Vol 5 No 1 (2016): JURNAL KONSTRUKSI (JANUARI 2016)

Perencanaan Underpass untuk Mengatasi Konflik di Jalan Metro Pondok Indah – Jalan Lebak Bulus Raya

Sulaiman Alizulfiqar (Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon)
Saihul Anwar (Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2020

Abstract

ABSTRAKSkripsi perencanaan underpass untuk mengatasi konflik di jalan Metro Pondok Indah – jalan Lebak Bulus Raya di Jakarta Selatan bertujuan untuk menganalisis, mengatasi konflik, dan mengurangi kemacetan di persimpangan dengan membuat underpass. Underpass menggunakan single box culvert dengan panjang 10.5 m, lebar 7.8 m, dan tinggi 6.9 m. Perencanaan ini menggunakan 2 single box culvert dengan panjang lengkung vertikal 121.14 m dan kelandaian yang digunakan 7%. Struktur box culvert dipakai dengan tebal plat lantai atap 800 mm, tebal dinding 400 mm, dan tebal plat pondasi 950 mm. Bahan struktur yang digunakan adalah untuk plat lantai atap dan plat dinding menggunakan mutu beton fc’ = 30 MPa, untuk plat pondasi menggunakan mutu beton fc’ = 55 MPa, dan mutu baja yang digunakan adalah fy = 400 MPa. Dalam skripsi ini, untuk analisis struktur menggunakan software sap2000 agar mendapatkan hasil perhitungan momen ultimit untuk mendapatkan tulangan yang digunakan. Pada plat lantai atap menggunakan tulangan lapangan 2D32-140 dan tulangan tumpuan 2D36-120, plat dinding menggunakan tulangan lapangan D16-150 dan tulangan tumpuan D22-150, dan plat pondasi menggunakan tulangan 2D40-100. Setelah menghitung struktur box culvert perencanaan underpass juga harus memperhatikan drainase. Perencanaan drainase menggunakan 4 pompa, dengan panjang saluran drainase 295.276 m, lebar saluran  0.5 m, tinggi saluran 0.5 m, dan tinggi jagaan 0.5 m. Drainase juga menggunakan sistem penampungan air dibawah plat pondasi dengan dimensi kolam 2 x 2 x 1,5 m. Dinding penahan tanah dibagi dalam 2 bidang, bidang 1 dan bidang 2 dengan tinggi 8,1 m dan lebar 7 m. Penulangan di bidang 1 menggunakan tulangan utama D25-120 dan tulangan sengkang D19-130, untuk bidang 2 menggunakan tulangan utama D25-100 dan tulangan sengkang D16-100.Kata Kunci         : Underpass, Box Culvert, Penulangan, Drainase, Dinding Penahan Tanah ABSTRACTA planning thesis underpasses to resolve conflicts in the way Metro Pondok Indah - Lebak Bulus Raya of South Jakarta aims to analyze, resolve conflicts, and reduce traffic congestion at the intersection with create underpasses. Using a single box culvert underpasses with a length of 10.5 m, width 8.5 m, and a height of 6.7 m. Planning uses 2 single box culvert with a long curved vertical 121.14 m and gradient used 7%. Box culvert structure worn with thick top plate of 800 mm, wall thickness of 400 mm, and thick foundation plate 950 mm. Materials structure is used for top plate and wall plate using concrete quality fc' = 30 MPa, for the quality of the concrete foundation plate using fc' = 55 MPa, and the quality of steel used is fy = 400 MPa. In the thesis, for analysis of structures using sap2000 software in order to get the results of calculation of ultimate moment to get reinforcement is used. On the top plate using reinforcement field 2D32-140 and reinforcement object 2D36-120, wall plate using reinforcement of field D16-150 and reinforcement object D22-150, and the Foundation plate uses reinforcement 2D40-100. After calculating the structure of box culvert underpasses planning should also pay attention to drainage. Drainage using 4 pumps, drainage channels with a length of 295,276 m, the width of the channel is 0.5 m, channel height is 0.5 m and height protection of 0.5 m. Drainage system also using the shelter some water under the foundation plate with dimensions of the pool 2 x 2 x 1.5 m. Retaining wall is divided in 2 fields, field 1 and field 2 with a height of 8.1 m wide and 7 m for the reinforcement in the areas of 1 using main reinforcement D25-120 and support reinforcement for D19-130 , for the field of 2 using main reinforcement D25-100 and support reinforcement for D16-100.Keywords         : Underpasses, Box Culvert, Reinforcement, Drainage, Retaining Wall

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Konstruksi

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Transportation

Description

Jurnal Konstruksi dan Infrastruktur (JKI) merupakan kelanjutan dari Jurnal Konstruksi yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon, Indonesia dengan p-issn 2085-8744. Tujuan penerbitan Jurnal Konstruksi dan Infrastruktur (JKI) adalah: (1) ...