ABSTRAK           Pertumbuhankendaraan yang semakin pesat tiap tahun dan tidak diimbangi dengan peningkatan prasarana jalan akan menimbulkan kemacetan terutama pada jam-jam sibuk. Kemacetan yang terjadi terutama pada persimpangan-persimpangan yang ada di kota Cirebon. Diantara beberapa persimpangan yang ada, persimpangan jalan Dr. Cipto Mangunkusumo - jalan Dr. Wahidin sebagai salah satu simpang yang padat. Untuk mengurai kemacetan dan mengurangi kepadatan volume lalu lintas di persimpangan jalan tersebut maka diperlukan suatu perencanaan persimpangan tidak sebidang dengan underpass. Selain itu dengan adanya persimpangan tak sebidang pula, arus lalu lintas menjadi lancar serta titik konflik dapat berkurang sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan. Dalam perencanaan underpass ini digunakan software SAP2000 (Structure Analisis Program) untuk menghitung pembebanan dan momen yang bekerja pada struktur. Dimensi Box Culvert yang digunakan tinggi 7,1 meter panjang 15 meter dan lebarnya 7,9 meter. Hasil analisis yang didapat pada perencanaan underpass ini menghasilkan momen terbesar pada plat lantai kendaraan sebesar -3116,15 kNm dengan momen sebesar itu dipakai tulangan 2D32-100 pada tumpuan dan 2D32-140 pada bagian lapangan dengan tebal plat 0,85 meter. Untuk plat dinding momen terbesarnya yaitu 242.78 kNm memakai tulangan D19 – 110 pada tumpuan dan D16 – 110 pada bagian lapangan dengan tebal plat 0,40 meter. Sedangkan plat pondasi menggunakan tulangan 2D40 – 100 dengan tebal plat 0,98 meter. Pada reaksi tumpuan reaksi yang terjadi sebesar 3829.05 kN. Kata kunci : persimpangan,  underpass, box culvert, dimensi, momen, tulangan. ABSTRACT              Growth vehicles is rapidly increasing every year and is not offset by an increase in road infrastructure will cause congestion, especially at peak hours. Congestion that occurs primarily in the intersections in the city of Cirebon. Among some existing intersections, crossroads Dr. Cipto Mangunkusumo - Dr. Wahidin road as one of the intersections are congested. To unravel congestion and reduce the density of traffic volume at the intersection of these roads, we need a plan is not a piece of the underpass junction. In addition to the plot of the intersection is not well, a smooth flow of traffic and the point of conflict can be reduced so as to minimize the occurrence of accidents. In planning this underpass used software SAP2000 (Structure Analysis Program) for calculated loading and moments acting on the structure. Dimensions Box Culvert used height 15 meters 7.1 meters long and 7.9 meters wide. The analysis results obtained in this underpass planning resulted in the greatest moments in the floor plate of the vehicle amounted to 3116.15 kNm at the moment it is used on a pedestal 2D32-100 and reinforcing 2D32-140 on the pitch with plate thickness of 0.85 meters. The biggest moment for wall plate is 242.78 kNm wear reinforcement D19 - 110 on the pedestal and D16 - 110 on the ground with a plate thickness of 0.40 meters. While the foundation plate using reinforcement 2D40 - 100 with plate thickness of 0.98 meters. On the support reactions reactions that occur at 3829.05 kN.Keywords : crossing, underpass , box culvert , dimensions, moments ,reinforcement .
Copyrights © 2016