Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Pecahan Matematika Siswa Kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design, dengan dua kelompok kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media permainan kartu domino terhadap hasil belajar pecahan matematika siswa kelas III SD Inpres Minasa Upa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol yang hanya mencapai 89,42 sedangkan pada kelas eksperimen mencapai 91,57. Berdasarkan hasil uji hipotesis Independent Sampel T-Test, nilai sig. (2-tailed) Equal Variance Assumed memperoleh 0,007 yang menunjukkan bahwa 0,007 < 0,05 atau dengan kata lain H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media permainan kartu domino terhadap hasil belajar pecahan matematika siswa kelas III.
Copyrights © 2024