JREP
Vol. 1 No. 3 (2024): JREP

Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V UPT SD Negeri 27 Binamu Kabupaten JEneponto

selpiani syam (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Muh Erwinto Imran (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Amri Amal (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperimental dengan desain penelitian metode eksperimen dengan bentuk pretest postetst kontrol grub design dengan dua kelompok yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data dalam penelitian ini di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistic deskriptif dan statistic inferensial. Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh model RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V UPT SD Negeri 27 Binamu Kabupaten Jeneponto. Hal ini terlihat pada rata-rata nilai posttest kelas kontrol yang hanya mencapai 66.74, sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 82.83. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan independent sample t test diperoleh nilai thitung = 6.279, sedangkan nilai ttabel = 2.015.Berdasarkan hasil yang diperoleh karena thitung > ttabel (thitung = 6.279 > ttabel = 2.015), dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JREP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Riset dan Evaluasi Pendidikan (JREP) bertujuan untuk mewadahi forum pemahaman ilmiah bidang pendidikan dan memainkan peran penting dalam mempromosikan proses akumulasi pengetahuan, nilai, dan keterampilan yang ditransmisikan dari satu generasi ke generasi lainnya; dan untuk menyediakan metode ...