Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V UPT SPF SD Negeri Sudirman III Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar. Pembimbing I Sukmawati dan Pembimbing II Rezki Ramdhani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Canva Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design, dengan dua kelompok kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan canva sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sudirman III. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol yang hanya mencapai 66,60 sedangkan pada kelas eksperimen mencapai 80,75. Berdasarkan hasil uji hipotesis independent sampel t-test, nilai sig. (2-tailed) equal variance assumed memperoleh 0,000 yang menunjjukan bahwa 0,000 < 0,05 atau dengan kata lain H0 ditolak dan HI diterima, yang berarti terdapat pengaruh media pembelajaran berbantuan aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V UPT SPF SD Negeri Sudirman III Makassar.
Copyrights © 2024