Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji esensi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam serta upaya implementasinya dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif, memanfaatkan berbagai sumber seperti buku, catatan, artikel, dan hasil penelitian terdahulu. Berbagai konsep yang dikumpulkan dianalisis untuk memahami hakikat nilai-nilai pendidikan Islam dan penerapannya dalam pembinaan karakter peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam dan pembentukan karakter berfungsi sebagai landasan untuk mendorong manusia memiliki itikad baik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan memenuhi kebutuhan manusia melalui aktivitasnya. Pendidikan Islam mampu membangkitkan kesadaran individu sebagai seorang Muslim yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, dan umat. Di sisi lain, pendidikan karakter berperan dalam membangun integritas pribadi yang kokoh, bijaksana, serta mampu menghindarkan peserta didik dari sikap mental nihilisme, hedonisme, dan alienasi intelektual.
Copyrights © 2024