Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Konsep Pembelajaran Scaffolding di TK Melati Desa Puudongi Kabupaten Kolaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B yang berjumlah 14 orang anak terdiri dari 8 orang anak perempuan dan 6 orang anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan Hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 78% menjadi 90% dan pada aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 71% menjadi 90%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan anak dapat ditingkatkan melalui konsep pembelajaran scaffolding di TK Melati Desa Puudongi Kabupaten Kolaka.
Copyrights © 2023