cover
Contact Name
Nur Aeni Muhlisa Dhafet
Contact Email
goldenage@uho.ac.id
Phone
+6285241989099
Journal Mail Official
nuraeni.muhlisa90@gmail.com
Editorial Address
Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 26156768     EISSN : 26155664     DOI : https://doi.org/10.36709/rgap
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO memuat artikel hasil penelitian pada bidang PAUD yang meliputi kurikulum PAUD, perkembangan anak usia dini, manajemen pendidikan PAUD, bahan ajar PAUD, media pembelajaran PAUD, penilaian pembelajaran PAUD, strategi/ model/ metode/ pendekatan/ teknik pembelajaran AUD, kebijakan pendidikan PAUD, psikologi anak.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 105 Documents
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI KELOMPOK B TK PGRI DESA OEMPU KECAMATAN TONGKUNO KEBUPATEN MUNA: IMPROVING FINE MOTOR SKILLS THROUGH COLORING ACTIVITIES IN GROUP B TK PGRI OEMPU VILLAGE TONGKUNO DISTRICT MUNA Nurul; Muamal Gadafi; Nurhayati
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol. 6 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai di kelompok B TK PGRI Desa Oempu, Kec. Tongkuno, Kab. Muna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan anak didik pada kelompok B TK PGRI Desa Oempu Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 7 anak laki dan 8 anak perempuan. Berdasarkan Hasil analisis dari hasil penelitian data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 84,61% menjadi 100% dan pada aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 57,14% menjadi 92,85%. Hasil evaluasi belajar anak berupa kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mewarnai menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 33.33% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 66,7%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 93,3%.
PERAN GURU DALAM MENANAMKAN BUDI PEKERTI DI KELOMPOK B RA DINUL ISLAM KENDARI: THE ROLE OF TEACHER FORMATION A GOOD CHARACTER AT THE CHILDREN OF GROUP B RA DINUL ISLAM KENDARI Dinar Salasatun Ashar; Sri Yuliani M.; Salwiah
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol. 6 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan budi pekerti di kelompok B RA Dinul Islam Kendari Tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru RA Dinul Islam Kendari. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan budi pekerti yaitu mengajari anak membaca doa-doa sebelum melakukan sesuatu, mengajari anak tata cara sholat, memberikan apresiasi kepada anak berupa jempol atau ucapan yang membangkitkan semangat anak jika melakukan hal positif, menyediakan media terkait penanaman budi pekerti yaitu media huruf hijayyah, mengenalkan rumah ibadah, tata cara sholat dan tata cara berwudhu. Nilai-nilai yang ditanamkan yaitu berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengenalkan hari besar agama, mengajarkan ibadah, toleransi, kesadaran diri, rasa tanggung jawab serta prilaku prososial.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN TARIK TAMBANG DI TK PGRI KONTUKOWUNA KABUPATEN MUNA: IMPROVING OF CHILDREN'S SOCIAL EMOTIONAL ABILITY THROUGH TUG WAR GAMES IN PGRI KONTUKOWUNA KINDERGARTEN MUNA DISTRICT Usmin; Asmuddin; Harlin Yusuf
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol. 6 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Permainan Tarik Tambang dapat meningkatkan social emosional anak di TK PGRI Kontukowuna Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di TK B PGRI Kontukowuna yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan Hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 69,23% menjadi 92,30% dan pada aktivitas belajar anak juga mengalami peningkatan dari 69,23% menjadi 92,30%. Hasil evaluasi belajar anak berupa kemampuan sosial emosional anak melalui permainan tarik tambang menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 46,7% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 66,7%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan sosial emosional anak dapat ditingkatkan melalui permainan tarik tambang di TK PGRI Kontukowuna.
MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI KONSEP PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DI TK MELATI DESA PUUDONGI KABUPATEN KOLAKA: IMPROVING CHILDREN'S DISCIPLINE THROUGH THE CONCEPT OF SCAFFOLDING LEARNING AT KINDERGARTEN MELATI PUUDONGI VILLAGE, KOLAKA REGENCY Sukmawati; Muhamad Safiuddin Saranani; Damsir Dima
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol. 6 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Konsep Pembelajaran Scaffolding di TK Melati Desa Puudongi Kabupaten Kolaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B yang berjumlah 14 orang anak terdiri dari 8 orang anak perempuan dan 6 orang anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan Hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 78% menjadi 90% dan pada aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 71% menjadi 90%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan anak dapat ditingkatkan melalui konsep pembelajaran scaffolding di TK Melati Desa Puudongi Kabupaten Kolaka.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL MELALUI MEDIA POP-UP BOOK: IMPROVING VERBAL ABILITY THROUGH POP-UP BOOK MEDIA Putri Hajar; Sitti Rahmaniar Abubakar; Afifah Nur Hidayah
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol. 6 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan verbal anak melalui media Pop Up-Book di Kelompok B TK Dharma Wanita Popalia Kabupaten Wakatobi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di Kelompok B yang berjumlah 15 anak, terdiri atas 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan studi dokumen.  Data dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I sebesar 55% meningkat menjadi 91% pada siklis II, aktivitas belajar anak pada siklus I sebesar 58% meningkat menjadi 92% pada siklus II. Hasil evaluasi belajar anak berupa kemampuan verbal melalui media Pop Up Book menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 33,3% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 73,3%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 93%.
HUBUNGAN PERKEMBANGAN EMOSI DENGAN KESIAPAN BERSEKOLAH PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA KRAPYAK WETAN YOGYAKARTA: RELATIONSHIP BETWEEN THE EMOTIONAL DEVELOPMET AND THE READINESS TO GO TO SCHOOL OF EARLY CHILDHOOD IN TK ABA KRAPYAK WETAN YOGYAKARTA Sulastya Ningsih; Sri Rawanti; Andi Marshanawiah; Ryan Hidayat Rafio’la
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol. 6 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak prasekolah mencoba untuk memahami dan mengelola emosi mereka dan belajar bentuk-bentuk dari kesadaran diri dan pemahaman sosial sehingga kesiapan bersekolah menjadi baik. Kematangan masuk sekolah mengacu pada pertumbuhan biologis yang dicapai sebelum masuk sekolah, yaitu kematangan otak untuk memahami konsep calistung, kematangan fisik, maupun emosional. Subjek penelitian yaitu kelas TK B, dengan jumlah sampel sebanyak 63 responden dengan tehnik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 61,9 % tingkat perkembangan emosi anak dalam kategori cukup dan sebanyak 68,3% tingkat kesiapan anak bersekolah dalam kategori cukup. Analisa statistik product moment bahwa nilai r hitung > r tabel (0,273 > 0,2480) artinya ada hubungan positif yang signifikan antara perkembangan emosi anak dengan kesiapan bersekolah pada anak TK Aba Krapyak Wetan Yogyakarta. Jadi Kompetensi sosial-emosional sangat penting untuk penyesuaian jangka panjang, hubungan sosial dan keberhasilan akademik sehingga hal ini dapat meminimalisir permasalahan yang terjadi pada anak seperti penolakan rekan maupun kegagalan sekolah.
PROFIL KOMPETENSI SPIRITUAL PENDIDIK PAUD: SPIRITUAL COMPETENCE PROFILE OF PAUD EDUCATORS Sriyanti; Novi Dyah Ayu Putri
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol. 6 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan sejauh mana pengembangan kompetensi spiritual pendidik PAUD Plus Darussalam Bojonegoro. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan metode pembahasan induksi dan deduksi. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif, dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kompetensi spiritual  pendidik PAUD Plus Darussalam Bojonegoro dilaksanakan dalam bentuk pembiasaan dan pembinaan rutin serta penilaian melalui kartu prestasi guru oleh tim ahli maupun laporan melalui grup wahtshapp. Dalam pelaksanannya pembiasaan meeting pagi dan siang guru diisi dengan do’a dan murojaah alqur’an. Untuk  pembinaan rutin setiap hari sabtu terlaksana dengan belajar tajwid dan tahsin Alqur’an serta kajian kitab kuning. Untuk jadwal guru qiyamul lail, sholat sunnah, tadarus Alqur’an dilaporkan dan dievaluasi oleh tim ahli/koordinator yang telah ditunjuk tim manajeman sekolah adalah. Dan pelaksanaan khataman alqur’an, bacaan sholawat dan hafalan surat pilihan dilaporan melalui grup whatshap.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI MEDIA WAYANG DI TK TUNAS MUDA PUDAY: IMPROVING OF CHILDREN’S SPEAKING ABALITY THROUGH PUPPET MEDIA AT TUNAS MUDA KINDERGARTEN PUDAY Asma Nurani; Ahid Hidayat; Arvyaty
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol. 6 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media wayang di TK Tunas Muda Puday. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan anak didik pada kelompok A TK Tunas Muda Puday Desa Puday Kecamatan Wonggeduku Barat Kabupaten Konawe yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Berdasarkan Hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 70% menjadi 90% dan pada aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 60% menjadi 90%. Hasil evaluasi belajar anak berupa kemampuan berbicara anak melalui media wayang menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum Tindakan sebesar 56,25%, dan mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 75%, kemudian mengalami peningkatan lagi pada siklus II sebesar 87,5%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui media wayang di TK Tunas Muda Puday.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBENTUK PLASTISIN DI KELOMPOK B TK MUTIARA BUNDA SULAWESI TENGAH Risanti Kartika Putri; Sitti Rahmaniar Abubakar; Afifah Nur Hidayah
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol. 6 No. 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui media plastisin di kelompok B TK Mutiara Bunda Sulawesi Tengah. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik yang berjumlah 15 orang anak didik yang terdiri atas 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I ke siklus II ditemukan bahwa: Aktivitas mengajar guru diperoleh persentase 83,33% menjadi 96,67%. Aktivitas belajar anak diperoleh persentase sebesar 83,33% menjadi 96,67%. Dan hasil belajar anak diperoleh persentase sebesar 66,66% menjadi 86,67%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus ke siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus dapat ditingkatkan melalui kegiatan membentuk plastisin di kelompok B TK Mutiara Bunda Sulawesi Tengah.
PENGARUH PERAN ORANGTUA TERHADAP ALTRUISME ANAK USIA DINI Rizqi Syafrina; Mahkamah Brantasari; Auditia Risela Echaristy
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol. 6 No. 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan agama dan moral pada anak usia dini yang cukup menjadi perhatian yaitu adalah sikap altruisme anak usia dini. Altruisme merupakan perilaku menolong orang lain. Permasalahan yang muncul pada anak usia dini, perilaku ini masih memerlukan banyak contoh, bimbingan dalam melakukannya. Perilaku yang muncul pada anak usia dini yang ada di Kota Samarinda yaitu ketika ada anak yang terjatuh saat bermain, teman-temannya tidak menolong tetapi menertawakannya. Perilaku lain saat guru membawa barang-barang saat melakukan kegiatan di sekolah, anak cenderung sibuk bermain sendiri. Selain itu ketika di rumah masih banyak dilayani oleh orangtuanya, terutama kemandiriannya. Hal ini membuat anak terbiasa dibantu sehingga anak tidak banyak membantu aktivitas di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap altruisme anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan jika tidak ada pengaruh yang signifikan antara peran orangtua terhadap altruisme anak usia dini.

Page 1 of 11 | Total Record : 105