Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan verbal anak melalui media Pop Up-Book di Kelompok B TK Dharma Wanita Popalia Kabupaten Wakatobi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di Kelompok B yang berjumlah 15 anak, terdiri atas 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan studi dokumen. Data dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I sebesar 55% meningkat menjadi 91% pada siklis II, aktivitas belajar anak pada siklus I sebesar 58% meningkat menjadi 92% pada siklus II. Hasil evaluasi belajar anak berupa kemampuan verbal melalui media Pop Up Book menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 33,3% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 73,3%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 93%.
Copyrights © 2023