Penelitian tentang senam irama dalam meningkatkan motorik kasar telah banyak dilakukan, tetapi masih minim yang memanfaatkan video animasi dan lagu daerah sebagai inovasi pembelajaran anak usia dini. Sebagian besar penelitian sebelumnya berfokus pada lagu populer atau tanpa media digital. Oleh karena itu, penelitian ini mengeksplorasi pengaruh video animasi senam irama berbasis lagu daerah terhadap motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Al-Huda, Kota Gorontalo. Menggunakan metode one-group pretest-posttest, data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes performa. Motorik kasar diukur berdasarkan kekuatan, kelincahan, keseimbangan, dan ketangkasan. Hasil uji Paired Samples T-test menunjukkan peningkatan signifikan setelah intervensi (t-hitung 10, 64 > t-tabel 2, 02, ɑ = 0, 05). Kesimpulannya, video animasi senam irama berbasis lagu daerah berpengaruh positif terhadap perkembangan motorik kasar anak dan efektif sebagai metode pembelajaran anak usia dini.
Copyrights © 2025