Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran dan Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel yang diambil sebanyak 68 peserta didik dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran soal tes dan kuisioner secara langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistik deskriptif seperti mean, median, modus, standart deviasi, dan uji statistika. Hasil penelitian menunjukkan : 1). Terdapat pengaruh yang tidak signifikan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika siswa MAN di kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan signifikan 0,564 > 0.05 dengan FH = 0,337. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika siswa MAN di kabupaten Bekasi . Hal ini dibuktikan dengan signifikan 0,004 < 0.05 dengan FH= 5,952. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan Metode Pembelajaran dan Latar Belakang Tingkat pendidikan Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika siswa MAN di kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan signifikan 0,072 > 0,05 dengan FH = 2,751.
Copyrights © 2024