Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN LATAR BELAKANG TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Rohman, Pupung Syaeful (Unknown)
Sodikin, Sodikin (Unknown)
AK, Muhammad Abdul Jabar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran dan Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel yang diambil sebanyak 68 peserta didik dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran soal tes dan kuisioner secara langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistik deskriptif seperti mean, median, modus, standart deviasi, dan uji statistika. Hasil penelitian menunjukkan : 1). Terdapat pengaruh yang tidak signifikan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika siswa MAN di kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan signifikan 0,564 > 0.05 dengan FH = 0,337. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika siswa MAN di kabupaten Bekasi . Hal ini dibuktikan dengan signifikan 0,004 < 0.05 dengan FH= 5,952. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan Metode Pembelajaran dan Latar Belakang Tingkat pendidikan Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika siswa MAN di kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan signifikan 0,072 > 0,05 dengan FH = 2,751.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...