Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA FABEL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD

Noviyanti, Windry (Unknown)
Surmilasari, Nora (Unknown)
Nuzulia Armariena, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adakah pengaruh media audiovisual terhadap keterampilan menyimak cerita fabel pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas III SD. Peneliti ini menggunakan metode penelitian True Experimen Design dengan rencana penelitian PostTest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD Negeri 06 Prabumulih. Sampel pada penelitian ini adalah kelas III A dengan jumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen. Sedangkan kelas III B dengan jumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test. Pada hasil posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan setelah menerapkan media audiovisual terhadap keterampilan menyimak cerita fabel, dengan hasil analisis data yang diperoleh 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapatnya pengaruh yang signifikan terhadap penerapan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Fabel Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri 06 Prabumulih.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...