Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI SPLDV MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN LUMIO

Annisa, Dewi (Unknown)
Maturah, Silmi (Unknown)
Zaura, Bintang (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2024

Abstract

Kurangnya pemahaman konsep siswa, pembelajaran yang berfokus pada guru dan kurangnya penggunaan alat atau sarana pembelajaran digital menyebabkan rendahnya hasil belajar murid. Salah satu solusi alternatif yang bisa digunakan guru adalah dengan menerapkan model pembelejaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbasis website Lumio.Penelitian ini dilakukan untuk menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa pada materi SPLDV melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan lumio mencapai nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dikelas VIII MTsN Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalahone-shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar dan sampel pada penelitian ini sebanyak 32 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar murid. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif jenis jigsaw berbantuan lumio dengan yaitu 3,9174 1,645, maka ditolak dan menerima jadi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan lumio mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...