Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI LOCUS OF CONTROL SISWA KELAS XI SMA SWASTA DHARMAWANGSA

Silvi Aulia Sitorus (Universitas Negeri Medan)
Putri Kemala Dewi Lubis (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Locus of control pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Dharmawangsa. Jenis penelitian ini ialah expost facto. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 124 orang siswa. Teknik pengambilan sampel memakai total sampling. Data dikumpulkan memakai angket dan dianalisis dengan analisis jalur memakai SPSS 26 for windows. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 1) Literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, 2) Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, 3) Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap locus of control, 4) Lingkungan teman sebaya berpengaruh negatif dan signifikan terhadap locus of control, 5) Locus of control berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, 6) Literasi keuangan berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui Locus of control, 7) Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui Locus of control pada siswa kelas XI SMA Swasta Dharmawangsa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...