Bahasa Inggris memegang peran penting pada industry pariwisata serta perhotelan. Kemampuan berbicara bahasa Inggris di program studi Diploma III Perhotelan di IPBI sangat penting bagi mahasiswa khususnya untuk menunjang perkembangan karir di industri pariwisata serta perhotelan. Tujuan penelitian guna membandingkan efektivitas tiga metode pembelajaran, yakni ceramah (lecturing). PBL, serta PjBL pada kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa. Penelitian mempergunakan metode desain eksperimental quasi. Hasil penelitian dibisakan masing-masing 3 metode pembelajaran bisa mengakibatkan peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris. Metode problem Based Learning lebih efektif jika diperbandingkan lecturing methode atau ceramah, metode Project Based Learning lebih efektif diperbandingkan pada lecturing methode, serta metode Project Based Learning lebih efektif diperbandingkan pada metode problem Based Learning dalam menaikkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa. Dari ketiga metode pembelajaran tersebut jika metode Project Based Learning lebih efektif diperbandingkan 2 metode lainnya dalam menaikkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa DII Perhotelan di Institut Pariwisata Serta Bisnis Internasional.
Copyrights © 2024