Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PERBANDINGAN EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN LECTURING, PROBLEM BASED LEARNING SERTA PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA DIII PERHOTELAN DI INSTITUT PARIWISATA SERTA BISNIS INTERNASIONAL

Kadek Feni Aryati (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Putu Sri Darmayanti (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Ni Putu Isha Aprinica (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Bahasa Inggris memegang peran penting pada industry pariwisata serta perhotelan. Kemampuan berbicara bahasa Inggris di program studi Diploma III Perhotelan di IPBI sangat penting bagi mahasiswa khususnya untuk menunjang perkembangan karir di industri pariwisata serta perhotelan. Tujuan penelitian guna membandingkan efektivitas tiga metode pembelajaran, yakni ceramah (lecturing). PBL, serta PjBL pada kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa. Penelitian mempergunakan metode desain eksperimental quasi. Hasil penelitian dibisakan masing-masing 3 metode pembelajaran bisa mengakibatkan peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris. Metode problem Based Learning lebih efektif jika diperbandingkan lecturing methode atau ceramah, metode Project Based Learning lebih efektif diperbandingkan pada lecturing methode, serta metode Project Based Learning lebih efektif diperbandingkan pada metode problem Based Learning dalam menaikkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa. Dari ketiga metode pembelajaran tersebut jika metode Project Based Learning lebih efektif diperbandingkan 2 metode lainnya dalam menaikkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa DII Perhotelan di Institut Pariwisata Serta Bisnis Internasional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...