Artikel ini bertujuan untuk membahas penerapan metoder flipped classroom untuk meningkatakan kemandirian belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan untuk mendeskripsikan penerapan model flipped classroom berdasarkan beberapa ahli dan berdasarkan studi referensi pendukung. Fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah penerapan metode flipped classroom untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Flipped classroom merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Metode ini memanfaatkan teknologi yang memberikan dukungan tambahan untuk belajar peserta didik dari berbagai media pembelajaran yang dapat diakses secara online di luar kelas, kemudian di dalam kelas dilanjutkan dengan kegiatan diskusi tentang materi yang telah diperoleh peserta didik di luar kelas. Dengan demikian, flipped classroom memungkinkan peserta didik memiliki lebih banyak kesempatan belajar baik online maupun offline dan dapat membantu dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dan mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mereka
Copyrights © 2024