Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENERAPAN METODE FLIPPED CLASSROOM DALAM KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Mariam, Metta (Unknown)
Sulasmi, Sulasmi (Unknown)
Putra, Azhar Shaka Sandiva Sugianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas penerapan metoder flipped classroom untuk meningkatakan kemandirian belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan untuk mendeskripsikan penerapan model flipped classroom berdasarkan beberapa ahli dan berdasarkan studi referensi pendukung. Fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah penerapan metode flipped classroom untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Flipped classroom merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Metode ini memanfaatkan teknologi yang memberikan dukungan tambahan untuk belajar peserta didik dari berbagai media pembelajaran yang dapat diakses secara online di luar kelas, kemudian di dalam kelas dilanjutkan dengan kegiatan diskusi tentang materi yang telah diperoleh peserta didik di luar kelas. Dengan demikian, flipped classroom memungkinkan peserta didik memiliki lebih banyak kesempatan belajar baik online maupun offline dan dapat membantu dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dan mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mereka

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...